Sabtu, 25 April 2009

Perayaan Idul Fitei

Perayaan Idul Fitri
TrendUK
Sweets in shop in Longsight, Manchester, image © Hannah Powell/British Council

Sebelum Idul Fitri, masyarakat muslim melakukan puasa yaitu hanya boleh makan dan minum dari waktu matahari terbenam hingga waktu fajar. Saat dimana kamu mulai bisa melihat semburat fajar di langit adalah waktu untuk berhenti makan dan minum.

Berpuasa
Bibi, 29 dari Marple berkata bahwa ini adalah pola makan yang tidak biasa. ‘Saya merasa bahwa saya harus memberi hadiah pada diri saya sendiri karena saya telah tidak makan atau minum seharian. Saya memakan makanan yang biasanya tidak saya makan.. Tubuhmu memasuki fase kelaparan dan mulai melambat dan apa yang kamu makan akan berubah menjadi lemak.. yah paling tidak itu adalah alsan saya.. Sebenarnya puasa adalah untuk membuat makanan bertahan lebih lama tetapi sekarang ini adalah keberhasilan yang bersifat spiritual akan kemampuan mengontrol diri sendiri.’

Dia menambahkan, ‘ Saya senang dan kagum karena saya bisa melakukannya! Biasanya saya sudah kelaparan pada jam 12 siang dan saya harus makan siang, tapi selama bulan Ramadan saya memiliki niat. Tapi, karena saya tahu kalau saya harus melakukannya, saya jadi merindukan minum teh.

Hadiah
Malam sebelum hari raya Idul Fitri, umat muslim di Inggris melakukan belanja terakhir mereka. Bibi biasanya mengunjungi Longsight atau Rusholme di Manchester, dimana terdapat komunitas asia yang besar, dan membeli penganan manis yang akan disuguhkan untuk para tamu dihari berikutnya. ‘Semua orang memiliki penganan manis dan toko favorit masing-masing. Saya menyukai Rasmillie, penganan keju manis berbentuk seperti telur dan terasa manis karena dimasak dalam susu yang diberi gula,' kata Bibi.

Fakta

Diari Idul Fitri

Sari shop in Longsight, Manchester, image © Hannah Powell/British Council

Kumpul-kumpul keluarga
Anak-anak kecil paling bersemangat karena mereka mendapat pakaian baru dan hadiah-hadiah. Anwar, seorang warga Pakistan yang sekarang tinggal di Manchester, berkata bahwa dia sangat menyukai hari raya di masa kecilnya karena dia akan mendapatkan banyak uang dari saudara-saudaranya. 'Umat muslim akan mengikuti ritual yang sama di hari Idul Fitri.. Saya tidak memiliki saudara di Inggris, karenanya saya mempergunakan kesempatan ini sebagai kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang lain.’

Faisal Kureshi, seorang penulis drama teater untuk BBC mengenai pemuda muslim di Inggris, berkomentar, ‘ Ini adalah acara keluarga dimana semuanya berkumpul bersama untuk merayakan berakhirnya bulan Ramadan. Untuk anak-anak muda, bila mereka tidak ingin merayakannya bersama keluarga, mereka akan pergi dan berpesta dengan teman-teman. Di Manchester, perayaan akan berpusat di Winslow Road, dimana jalan tersebut penuh sesak oleh anak-anak muda yang sedang merayakan hari terpenting bagi umat muslim tersebut. Sebagian kecil mengkuti budaya balap, terutama budaya balap mobil-mobil kecil untuk anak laki-laki yang diadakan di jalan-jalan kecil di pinggir kota. Semakin besar anak-anak terssbut maka mereka akan semakin tidak bisa ikut dalam acara tersebut.

0 komentar: